UJIAN
SEKOLAH/MADRASAH
TAHUN
PELAJARAN 2011/2012
LEMBAR SOAL
Satuan
Pendidikan : SMA / MA
Program :
IPA / IPS / BAHASA
Hari
/ Tanggal : Senin, 19 Maret
2012
Alokasi
Waktu : 120 Menit
Pukul
: 10.00 – 12.00
Wita
Kode
Soal :
PETUNJUK
UMUM
1.

Gunakan ballpoint tinta hitam dan beri tanda silang
( X ) pada Lembar Jawaban yang disediakan.


Contoh : A B C D E
2.
Hitamilah
dengan pensil 2B bulatan ( ) salah
satu huruf pada Lembar Jawaban Komputer ( LJK ) yang
anda anggap paling benar.

3.
Tulislah
lebih dahulu Kode Soal dan Nomor Peserta anda pada baris yang telah disediakan.
4.
Periksa
dan bacalah soal-soal sebelum anda menjawabnya.
5.
Laporkan
kepada Pengawas Ujian kalau terdapat
tulisan yang kurang jelas, rusak atau
jumlah soal kurang.
6.
Jumlah
soal 50 ( lima puluh)
7.
Dahulukan
soal yang anda anggap mudah.
8.
Mintalah
kertas buram untuk catatan kepada Pengawas Ujian, bila diperlukan.
9.
Periksalah
pekerjaan anda sebelum diserahkan kepada Pengawas Ujian.
10. Tidak diijinkan menggunakan kalkultor,
tabel matematika atau alat bantu lainnya.
11. Tidak diperbolehkan membawa /
mengaktifkan HP saat mengikuti Ujian.
SELAMAT
BEKERJA
1. Aristoteles
seorang filosof Yunani, berpendapat bahwa manusia adalah zoon politicon yang berarti . . .
a. manusia yang hidup bermasyarakat
b. manusia
yang selalu mempertahankan keinginan pribadi
d. manusia
yang hidup sendiri-sendiri
e. manusia
yang bersifat tidak peduli terhadap orang lain
2. Pengakuan
dari negara lain sangat diperlukan oleh suatu negara yang merdeka dan berdaulat
untuk . . .
a. memenuhi
tata aturan pergaulan internasional
b. syarat sahnya suatu negara didirikan dan diakui
c. memenuhi
keinginan PBB agar menjadi anggota
d. memperoleh
sumbangan dana pembangunan
e. mendapatkan
kedudukan yang sejajar dan baik
3. Salah
satu unsur dari norma kesopanan yang berlaku dalam masyarakat adalah . . .
a. adanya
perintah dan larangan yang dibuat oleh badan yang berwenang
b. kemampuan
membedakan yang baik dan buruk
c. tata krama atau etika pergaulan
d. peraturan
yang bersifat memaksa
e. perintah
dan larangan yang tertuang dalam kitab suci masing-masing
4. Berdasarkan
isi masalah yang diatur, maka klasifikasi hukum dapat dibagi menjadi . . .
a. hukum
publik dan privat
b. hukum
material dan formal
c. hukum
tertulis dan tidak tertulis
d. hukum
lokal dan internasional
e. hukum
internasional dan intergeulil
5. Perhatikan
kasus berikut ini !
1. mendirikan
bangunan tanpa izin
2. pemerkosaan
3. tidak
membayar kontrakan
4. pembunuhan
5. transaksi
obat terlarang
Yang
termasuk contoh pelanggaran hukum terdapat pada nomor . . .
a. 1,
2 dan 3
b. 1,
3 dan 4
c. 2,
3 dan 4
d. 2,
4 dan 5
e. 3,
4 dan 5
6. Ketetapan
MPR No. III/MPR/2000 mengatur tata urutan perundang-undangan RI. Bentuk
perundang-undangan yang letaknya tepat diatas Peraturan Pemerintah adalah . . .
a. Ketetapan
MPR
b. Undang-undang
darurat
c. Keputusan
Presiden
d. Undang-undang/Perpu
e. Instruksi
Presiden
7. Contoh
hak asasi manusia yang bersifat pribadi dalam kehidupan sehari-hari adalah . .
.
a. hak
memiliki dan menjual sesuatu
b. hak
memilih dan dipilih
c. hak
mendapat perlindungan hukum
d. hak
mendapat pendidikan
e. hak
mengatakan pendapat dan beragama
8. Salah
satu bukti komitmen pemerintah Indonesia dalam menegakkan HAM adalah . . .
a. membentuk
komnas ham dan pengadilan ham
b. memiliki
seorang jaksa yang bertanggungjawab dan berani setiap pelanggalaran
c. menghalangi
kebebasan pers
d. memasukkan
Pendidikan Kewarganegaraan pada tingkat sekolah menengah
e. menggunakan
kekerasan dalam mengahadapi setiap pengunjukrasa
9. Dalam
pelaksanaan dan penegakkan HAM di Indonesia secara umum terhadap beberapa
hambatan-hambatan seperti dibawah ini, kecuali
. . .
a. faktor
kondisi sosial budaya
b. faktor
aparat
c. faktor
alam
d. faktor
kebijakan pemerintah
e. faktor
komunikasi dan informasi
10. Dibawah
ini adalah sikap yang sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi Pancasila, kecuali . . .
a. mendahulukan
kepentingan umum daripada kepentingan pribadi
b. ingin
lebih maju dalam segala hal
c. menghormati
orang-orang yang melanggar hukum
d. bertindak
sesuai dengan norma yang berlaku
e. menjunjung
tinggi serta menghormati harkat dan martabat manusia
11. Salah
satu bentuk dari proses demokrasi menuju masyarakat madani adalah . . .
a. kebebasan
mengemukakan pendapat
b. pembrendelan
suratkabar
c. kecurangan
dalam pemilu
d. pelarangan
demokrasi
e. pemerintah
yang korup
12. Pada
umumnya substansi konstitusi negara memuat . . .
a. naskah
tertulis
b. tujuan
negara
c. hak
asasi manusia
d. peraturan
fundamental
e. aturan
pokok dan hal-hal penting
13. Mengubah
isi pembukaan UUD 1945 berarti sama dengan membubarkan Negara Kesatuan R.I
Pernyataan diatas memperjelas adanya kedudukan Pembukaan UUD 1945 yang . . .
a. memuat
sendi-sendi mutlak bagi kehidupan negara
b. memuat
pernyataan kemerdekaan indonesia
c. memuat
dasar dan tujuan negara
d. tetap
tidak dapat diubah
e. jelas
dan pasti
14. Upaya
untuk mewujudkan prestasi diri dalam meraih peringkat terbaik dikelas
diantaranya . . .
a. belajar
diperpustakaan, selalu merendahkan diri dan yang rajin
b. rajin
belajar, disiplin dalam waktu serta selalu berusaha dan bekerja keras
c. disiplin
dalam belajar, mengutamakan kepentingan guru dan aktif dalam diskusi
d. meniru
prestasi orang lain, selalu merendahkan diri dan sering berdiskusi dengan guru
e. berusaha
untuk menjadi ketua kelas, aktif dalam setiap kegiatan osis, mengumpulkan klipping dalam bidang pendidikan
15. Dibawah
ini merupakan unsur yang menunjukkan sebuah pemerintahan yang dikatakan
transparan adalah . . .
a. adanya
konsultasi publik yang dilakukan pemerintah secara berencana
b. tertutupnya
sidang pemerintah bagi masyarakat dan media massa
c. sempitnya
kesempatan media massa mengetahui isi dari berbagai dokumen pemerintahan
d. terbatasnya
informasi dengan pemerintah mengenai kebijaksanaan yang ditempuhnya
e. pelanggaran
terhadap masyarakat yang kurang profesional
16. Dibawah
ini adalah contoh perbuatan yang sesuai dengan prinsip keadilan yaitu . . .
a. berbicara
kepada orang lain dengan apa adanya
b. ayah
mencukupi semua kebutuhan hidup keluarganya
c. orang
tua memberi kasih sayang kepada anaknya yang belum dewasa
d. guru
memberikan nilai ulangan kepada siswa sesuai dengan tingkah lakunya
e. pemberian
sanksi kepada yang melanggar aturan dan memberikan penghargaan kepada yang
berprestasi
17. Keadilan
yang berhubungan dengan persamaan yang diterima oleh setiap orang tanpa melihat
jasa perseorangan disebut . . .
a. distributif
b. kodrat
alam
c. komutatif
d. konvensional
e. legalitas
18. Salah
satu bentuk partisipasi politik yang konvensional adalah . . .
a. pengajuan
petisi
b. demonstrasi
c. konfrontasi
d. kampanye
e. aski
mogok
19. Dibawah
ini menjadi penghambat dalam mewujudkan pertisipasi politik di negara yang
sedang berkembang adalah . . .
a. adanya
partai politik dalam negara
b. adanya
kebebasan media massa
c. keanggotaan
yang bersifat formal dalam partai massa
d. tidak
ada pembatasan keanggotaan partai kader
e. adanya
partai oposisi yang menyelenggarakan kegiatan
20. Manfaat
kejasama antar bangsa adalah . . .
a. dapat
menghilangkan permusuhan antar bangsa
b. diabadikan
untuk kepentingan negara
c. saling
menghormati kedaulatan negara lain
d. kerjasama
saling menguntungkan
e. hidup
berdampingan secara damai
21. Tahap-tahap
pembuatan perjanjian Internasional adalah . . .
a. negosiasi,
persetujuan dan ratifikasi
b. penandatanganan,
negosiasi dan ratifikasi
c. pertukaran
mata, persetujuan dan ratifikasi
d. negosiasi,
penandatanganan dan ratifikasi
e. negosiasi,
ratifikasi dan relasi
22. Salah
satu tujuan PBB yang tercantum dalam pasal 1 piagam PBB adalah . . .
a. memenuhi
kewajiban-kewajiban internasional yang ditetapkan PBB
b. mendorong
peningkatan kesejahteraan semua anggota PBB
c. tidak
mencampuri urusan rumah tangga negara manapun
d. bekerjasama
dalam menyelesaikan konflik internasional
e. menjalin
persaudaraan yang erat antara anggota PBB
23. Setiap
warga negara dimanapun ia berada tetap mendapat perlakuan hukum dari negaranya
disebut asas . . .
a. teritorial
b. kebangsaan
c. kepentingan
umum
d. kepentingan
timbal balik
e. pacta
survanda
24. Penyelesaian
sengketa melalui usaha persesuaian pendapat pihak-pihak yang bersangkutan
secara bersahabat disebut . . .
a. rujuk
b. arbitase
c. retorsi
d. reprasial
e. blokade
damai
25. Pancasila
sebagai ideologi terbuka artinya . . .
a. mempunyai
nilai-nilai dasar yang bersifat tetap dan mampu berkembang secara dinamis
b. mempunyai
nilai-nilai dasar yang dapat diubah sesuai dengan perkembangan zaman
c. rumusan
pancasila dapat diubah sesuai dengan perkembangan zaman
d. rumusan
pancasila dapat dibalik sesuai dengan perkembangan masyarakat yang dinamis
e. dapat
menerima berbagai macam ideologi asing sehingga ideologi pancasila tidak
ketinggalan zaman
26. Kita
mendambakan bahwa pelaksanaan pembangunan berdasarkan paradigma pancasila.
Karena pembangunan yang kita lakukan . . .
a. menghasilkan
produk-produk yang kompetitif dan pasar internasional
b. demi
kelangsungan dari generasi ke generasi lain yang bertanggungjawab
c. untuk
mewujudkan manusia dan masyarakat Indonesia yang seutuhnya
d. menghasilkan
manusia dan masyarakat maju yang berkepribadian Indonesia
e. mewujudkan
masyarakat madani yang melalui kepribadian unggul
27. Perhatikan
hal dibawah ini !
1. penyelenggara
negara berada di tangan presiden
2. kabinet
dibentuk oleh presiden
3. presiden
tidak bertanggungjawab kepada parlemen
4. kepala
negara tidak sekaligus kepala pemerintahan
5. kabinet
bertanggungjawab kepada parlemen
Yang
termasuk ciri sistem pemerintahan presidensial adalah nomor . . .
a. 1,
2 dan 3
b. 1,
2 dan 4
c. 2,
3 dan 5
d. 1,
4 dan 5
e. 2,
4 dan 5
28. Salah
satu ciri sistem pemerintahan parlementer adalah . . .
a. masa
jabatan presiden ditetapkan dalam jangka waktu tertentu
b. kabinet
dapat dijatuhkan/dibubarkan setiap waktu
c. kekuasaan
pemerintah terpusat pada satu orang yaitu presiden
d. presiden
dan para menteri tidak bertanggungjawab kepada parlemen/DPR
e. presiden
dibantu oleh menteri-menteri yang diangkat dan bertanggungjawab kepadanya
29. Perhatikan
tabel sistem pemerintahan berikut ini !
No
|
Presidensial
|
Parlementer
|
1
2
3
4
5
|
Masih
tidak percaya DPR
Presiden
mempunyai hak Prerogatif
Pemerintah
stabil
Menteri
bertanggungjawab kepada Presiden
Menggunakan
Trias Politica
|
Masih
tidak percaya Parlemen
Presiden
sebagai lambang
Pemerintah
labil
Menteri
bertanggungjawab kepada Parlemen
Tidak
menggunakan Trias Politica
|
Berdasarkan
tabel diatas, perbedaan sistem pemerintahan Presidensial dan sistem
pemerintahan Parlementer ditunjukkan pada nomor
a. 1,
2 dan 3
b. 1,
3 dan 4
c. 2,
3 dan 4
d. 2,
3 dan 5
e. 3,
4 dan 5
30. Dibawah
ini merupakan kelebihan sistem pemerintahan presidensial, kecuali . . .
a. badan
eksekutif lebih stabil kedudukannya karena tidak bertanggungjawab kepada
parlemen
b. masa
jabatan eksekutif lebih jelas dengan jangka waktu tertentu
c. penyusunan
program kerja kabinet mudah disesuaikan dengan jangka waktu masa jabatannya
d. sistem
pertanggungjawabannya kurang jelas
e. legislatif
bukan tempat kaderisasi untuk jabatan-jabatan eksekutif
31. Kelemahan
sistem Pemerintahan Indonesia adalah . . .
a. adanya
kecenderungan berlaku kuatnya otoritas kekuasaan ditangan presiden
b. sering
terjadi pergantian pejabat publik karena adanya hak prerogatif presiden
c. pengawasan
rakyat terhadap pemerintah kurang berpengaruh
d. presiden
tidak dapat memberlakukan dan membubarkan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)
e. pengaruh
rakyat terhadap pelaksanaan politik negara kurang mendapat perhatian yang
seluas-luasnya
32. Yang
tidak termasuk perubahan-perubahan baru dalam sistem Pemerintahan Indonesia
yang diperuntukkan dalam memperbaiki sistem Presidensial yang lama adalah . . .
a. pemberian
kekuasan yang lebih besar kepada parlemen untuk melakukan pengawasan dan fungsi
anggaran
b. pemilihan
presiden dan wakil presiden secara langsung
c. PEMILU
berdasarkan jurdil dan luber
d. mekasnisme
check dan balance
e. sistem
bikameral
33. Beberapa
variasi dari sistem Pemerintahan Presidensial di Indonesia tertera dibawah ini,
kecuali . . .
a. Presiden
dapat sewaktu-waktu dapat diberhentikan oleh MPR atas usul DPR
b. Presiden
dalam mengangkat pejabat negara perlu pertimbangan dan persetujuan DPR
c. Presiden
dalam mengeluarkan kebijakan tidak perlu pertimbangan dari DPR
d. Parlemen
diberi kekuasaan yang lebih besar dalam membentuk undang-undang
e. Parlemen
diberi kekuasaan yang lebih besar dalam hal budget (anggaran)
34. Sistem
pemerintahan pada masa berlakunya UUD 1945, periode 14 November 1945 sampai 27
Desember 1959 adalah . . .
a. kesatuan
b. republik
c. presidensial
d. parlementer
e. ekstra
parlemen
35. Pengertian
pers dalam arti luas mencakup . . .
a. radio,
televisi dan film
b. koran,
majalah dan bulletin
c. media
cetak dan elektronik
d. seluruh
media cetak
e. seluruh
media elektronik
36. Dalam
perjalanannya, peranan pers Indonesia pada masa orde lama dengan demokrasi
terpimpin lebih banyak merupakan . . .
a. alat
bagi penguasa
b. alat
bagi kepentingan rakyat
c. sosial
kontrol rakyat
d. penyambung
lidah rakyat
e. penampung
aspirasi rakyat
37. Pers
melakukan bimbingan dan pengawasan terhadap masyarakat tentang tingkah laku
yang benar atau tidak dikehendaki khalayak, maka pers tersebut melaksanakan
fungsi . . .
a. media
informasi
b. kontrol
sosial
c. pendidikan
d. opini
publik
e. sensasi
publik
38. Yang
tidak termasuk kode etik wartawan Indonesia adalah . . .
a. menghormati
hak masyarakat untuk memperoleh informasi
b. tidak
menyebarkan informasi yang bersifat dusta, sadis dan cabul
c. kemerdekaan
pers dijamin sebagai hak asasi warga negara
d. tidak
menerima suap dan meyalahgunakan profesi
e. menjunjung
tinggi asas praduga tak bersalah
39. Wartawan
Indonesia tidak dapat menyiarkan hal-hal yang dapat menimbulkan kekacauan. Ini
merupakan salah satu kode etik jurnalistik tentang . . .
a. kepribadian
b. cara
pemberitaan
c. hak
jawab
d. pertanggungjawaban
e. hak
menyatak pendapat
40. Dibawah
ini yang menunjukkan contoh tanggungjawab wartawan atas suatu berita adalah . .
.
a. tidak
meneliti kebenaran bahan berita
b. bersifat
fitnah dan sadis
c. tidak
membahayakan persatuan dan kesatuan
d. mengutip
berita tanpa menyebut sumbernya
e. menunjukkan
seseuatu yang berlebihan
41. Dibawah
ini yang merupakan upaya pemerintah dalam mengendalikan pers, kecuali . . .
a. memberikan
pembinaan kepada pers
b. membantu
pers dalam penerbitan buku
c. menghormati
pelaksanaan kode etik jurnalistik
d. menghormati
asas praduga tak bersalah
e. membuat
perangkat hukum dan aturan-aturan dasar tentang kehidupan pers
42. Penyalahgunaan
kebebasan menyampaikan pendapat dimedia massa dapat juga merugikan kepentingan
negara. Hal itu akan menimbulkan dampak yaitu . . .
a. partisipasi
masyarakat dalam pembangunan semakin meningkat
b. tingginya
semangat untuk menjaga keamanan
c. meningkatnya
pemahaman investasi
d. masyarakat
bersifat apatis terhadap berbagai program pembangunan
e. rakyat
tidak mendapat informasi yang akurat
43. Perubahan
yang terjadi saat ini sebagai akibat proses globalisasi adalah . . .
a. adanya
percepatan perubahan ilmu pengetahuan
b. maraknya
budaya asing di negara kita
c. perkembangan
di dunia lain diketahui diseluruh penjuru dunia dalam sekejap saat itu juga
d. menyebarnya
pemakaian komputer dan internet
e. berinteraksinya
keanekaragaman dunia
44. Dampak
positif dari globalisasi adalah . . .
a. mempercepat
keberhasilan pembangunan
b. mempercepat
laju pertumbuhan penduduk
c. menimbulkan
adanya pergeseran nilai budaya
d. terjadinya
berbagai penyimpangan sosial
e. menimbulkan
konsumerisme
45. Manfaat
yang diperoleh bangsa Indonesia dalam era globalisasi adalah . . .
a. gaya
hidup masyarakat dapat meniru gaya bangsa lain
b. adanya
kebebasan mutlak dalam bidang ekonomi
c. ekonomi
negara dapat berkembang dengan baik
d. ekonomi
dikuasai oleh orang yang bermodal baik
e. sistem
perekonomian Indonesia mengikuti negara maju
46. Dalam
menghadapi era globalisasi dan penerapan IPTEK diperlukan sikap bijaksana,
yaitu ...
a. tidak
menolak budaya luar
b. membatasi
pengaruh budaya asing
c. memberikan
kebebasan seluas-luasnya
d. kesediaan
membuka diri namun tetap waspada
e. menerima
budaya luar tanpa ada tekanan
47. Salah
satu upaya pemerintah dalam menghadapi tantangan globalisasi dan perkembangan
IPTEK di bidang sosial budaya adalah . . .
a. meningkatkan
kualitas pendidikan
b. mengembangkan
kebijakan industri, perdagangan dan investasi
c. meningkatkan
kualitas komunikasi diberbagai bidang
d. memberantas
perdagangan dan penyalahgunaan narkoba dan obat-obat terlarang
e. meningkatkan
kesiapan untuk menghadapi perdagangan bebas
48. Modernisasi
bagi Indonesia agar tidak mengakibatkan sekulerisme hendaknya diikuti oleh
kegiatan-kegiatan . . .
a. keagamaan
b. peningkatan
teknologi
c. peningkatan
kesejahteraan
d. pengembangan
budaya dan seni
e. pengembangan
pengetahuan dan keilmuan
49. Sikap
warga negara yang harus dilakukan di era globalisasi dalam bidang ekonomi dalam
rangka meningkatkan daya saing bangsa adalah . . .
a. mewujudkan
kesejahteraan lahir batin
b. mengubah
pola konsumtif menjadi produktif
c. mengusahakan
pemenuhan kebutuhan pokok bangsa’
d. mampu
bersaing dengan produk-produk bangsa sendiri
e. meningkatkan
kesejahteraan sosial dalam suasana kekeluargaan
50. Dibawah
ini merupakan sisi negatif dari adanya kemajuan IPTEK terhadap kepribadian
bangsa Indonesia, kecuali . . .
a. materialisme
b. sekuralisme
c. individualisme
d. integralisme
e. glamourisme
No comments:
Post a Comment
Terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan berikan komentar tentang artikel ini. jimmydj81.blogspot.com berhak menyaring Komentar yang akan ditampilkan.