Search This Blog

Monday, August 20, 2012

SOAL

PEMERINTAH KABUPATEN PINRANG DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
UJIAN SEKOLAH/MADRASAH
TAHUN PELAJARAN 2011/2012

LEMBAR SOAL



Nama Mata Pelajaran  : Pendidikan Kewarganegaraan
Satuan Pendidikan       : SMA / MA
Program                      : IPA / IPS / BAHASA
Hari / Tanggal              : Senin, 19 Maret 2012
Alokasi Waktu            : 120 Menit
Pukul                          : 10.00 – 12.00 Wita
Kode Soal                   :


PETUNJUK UMUM

1.      Gunakan ballpoint tinta hitam dan beri tanda silang ( X ) pada Lembar Jawaban yang disediakan.
Contoh :   A         B         C         D         E
2.      Hitamilah dengan pensil 2B bulatan (     ) salah satu  huruf  pada Lembar Jawaban Komputer ( LJK ) yang anda anggap paling benar.
3.      Tulislah lebih dahulu Kode Soal dan Nomor Peserta anda pada baris yang telah disediakan.
4.      Periksa dan bacalah soal-soal sebelum anda menjawabnya.
5.      Laporkan kepada Pengawas Ujian kalau  terdapat tulisan yang kurang  jelas, rusak atau jumlah soal kurang.
6.      Jumlah soal 50 ( lima puluh)
7.      Dahulukan soal yang anda anggap mudah.
8.      Mintalah kertas buram untuk catatan kepada Pengawas Ujian, bila diperlukan.
9.      Periksalah pekerjaan anda sebelum diserahkan kepada Pengawas Ujian.
10.  Tidak diijinkan menggunakan kalkultor, tabel matematika atau alat bantu lainnya.
11.  Tidak diperbolehkan membawa / mengaktifkan HP saat mengikuti Ujian.



SELAMAT BEKERJA
1.      Aristoteles seorang filosof Yunani, berpendapat bahwa manusia adalah zoon politicon yang berarti . . .
a.    manusia yang hidup bermasyarakat
b.    manusia yang selalu mempertahankan keinginan pribadi
c.    manusia yang bertindak mementingkan diri sendiri
d.   manusia yang hidup sendiri-sendiri
e.    manusia yang bersifat tidak peduli terhadap orang lain

2.      Pengakuan dari negara lain sangat diperlukan oleh suatu negara yang merdeka dan berdaulat untuk . . .
a.    memenuhi tata aturan pergaulan internasional
b.    syarat sahnya suatu negara didirikan dan diakui
c.    memenuhi keinginan PBB agar menjadi anggota
d.   memperoleh sumbangan dana pembangunan
e.    mendapatkan kedudukan yang sejajar dan baik

3.      Salah satu unsur dari norma kesopanan yang berlaku dalam masyarakat adalah . . .
a.    adanya perintah dan larangan yang dibuat oleh badan yang berwenang
b.    kemampuan membedakan yang baik dan buruk
c.    tata krama atau etika pergaulan
d.   peraturan yang bersifat memaksa
e.    perintah dan larangan yang tertuang dalam kitab suci masing-masing

4.      Berdasarkan isi masalah yang diatur, maka klasifikasi hukum dapat dibagi menjadi . . .
a.    hukum publik dan privat
b.    hukum material dan formal
c.    hukum tertulis dan tidak tertulis
d.   hukum lokal dan internasional
e.    hukum internasional dan intergeulil

5.      Perhatikan kasus berikut ini !
1.    mendirikan bangunan tanpa izin
2.    pemerkosaan
3.    tidak membayar kontrakan
4.    pembunuhan
5.    transaksi obat terlarang

Yang termasuk contoh pelanggaran hukum terdapat pada nomor . . .
a.    1, 2 dan 3
b.    1, 3 dan 4
c.    2, 3 dan 4
d.   2, 4 dan 5
e.    3, 4 dan 5

6.      Ketetapan MPR No. III/MPR/2000 mengatur tata urutan perundang-undangan RI. Bentuk perundang-undangan yang letaknya tepat diatas Peraturan Pemerintah adalah . . .
a.    Ketetapan MPR
b.    Undang-undang darurat
c.    Keputusan Presiden
d.   Undang-undang/Perpu
e.    Instruksi Presiden

7.      Contoh hak asasi manusia yang bersifat pribadi dalam kehidupan sehari-hari adalah . . .
a.       hak memiliki dan menjual sesuatu
b.      hak memilih dan dipilih
c.       hak mendapat perlindungan hukum
d.      hak mendapat pendidikan
e.       hak mengatakan pendapat dan beragama

8.      Salah satu bukti komitmen pemerintah Indonesia dalam menegakkan HAM adalah . . .
a.       membentuk komnas ham dan pengadilan ham
b.      memiliki seorang jaksa yang bertanggungjawab dan berani setiap pelanggalaran
c.       menghalangi kebebasan pers
d.      memasukkan Pendidikan Kewarganegaraan pada tingkat sekolah menengah
e.       menggunakan kekerasan dalam mengahadapi setiap pengunjukrasa

9.      Dalam pelaksanaan dan penegakkan HAM di Indonesia secara umum terhadap beberapa hambatan-hambatan seperti dibawah ini, kecuali . . .
a.       faktor kondisi sosial budaya
b.      faktor aparat
c.       faktor alam
d.      faktor kebijakan pemerintah
e.       faktor komunikasi dan informasi

10.  Dibawah ini adalah sikap yang sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi Pancasila, kecuali . . .
a.       mendahulukan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi
b.      ingin lebih maju dalam segala hal
c.       menghormati orang-orang yang melanggar hukum
d.      bertindak sesuai dengan norma yang berlaku
e.       menjunjung tinggi serta menghormati harkat dan martabat manusia

11.  Salah satu bentuk dari proses demokrasi menuju masyarakat madani adalah . . .
a.       kebebasan mengemukakan pendapat
b.      pembrendelan suratkabar
c.       kecurangan dalam pemilu
d.      pelarangan demokrasi
e.       pemerintah yang korup

12.  Pada umumnya substansi konstitusi negara memuat . . .
a.       naskah tertulis
b.      tujuan negara
c.       hak asasi manusia
d.      peraturan fundamental
e.       aturan pokok dan hal-hal penting

13.  Mengubah isi pembukaan UUD 1945 berarti sama dengan membubarkan Negara Kesatuan R.I Pernyataan diatas memperjelas adanya kedudukan Pembukaan UUD 1945 yang . . .
a.       memuat sendi-sendi mutlak bagi kehidupan negara
b.      memuat pernyataan kemerdekaan indonesia
c.       memuat dasar dan tujuan negara
d.      tetap tidak dapat diubah
e.       jelas dan pasti

14.  Upaya untuk mewujudkan prestasi diri dalam meraih peringkat terbaik dikelas diantaranya . . .
a.       belajar diperpustakaan, selalu merendahkan diri dan yang rajin
b.      rajin belajar, disiplin dalam waktu serta selalu berusaha dan bekerja keras
c.       disiplin dalam belajar, mengutamakan kepentingan guru dan aktif dalam diskusi
d.      meniru prestasi orang lain, selalu merendahkan diri dan sering berdiskusi dengan guru
e.       berusaha untuk menjadi ketua kelas, aktif dalam setiap kegiatan osis, mengumpulkan klipping dalam bidang pendidikan

15.  Dibawah ini merupakan unsur yang menunjukkan sebuah pemerintahan yang dikatakan transparan adalah . . .
a.       adanya konsultasi publik yang dilakukan pemerintah secara berencana
b.      tertutupnya sidang pemerintah bagi masyarakat dan media massa
c.       sempitnya kesempatan media massa mengetahui isi dari berbagai dokumen pemerintahan
d.      terbatasnya informasi dengan pemerintah mengenai kebijaksanaan yang ditempuhnya
e.       pelanggaran terhadap masyarakat yang kurang profesional

16.  Dibawah ini adalah contoh perbuatan yang sesuai dengan prinsip keadilan yaitu . . .
a.       berbicara kepada orang lain dengan apa adanya
b.      ayah mencukupi semua kebutuhan hidup keluarganya
c.       orang tua memberi kasih sayang kepada anaknya yang belum dewasa
d.      guru memberikan nilai ulangan kepada siswa sesuai dengan tingkah lakunya
e.       pemberian sanksi kepada yang melanggar aturan dan memberikan penghargaan kepada yang berprestasi

17.  Keadilan yang berhubungan dengan persamaan yang diterima oleh setiap orang tanpa melihat jasa perseorangan disebut . . .
a.       distributif
b.      kodrat alam
c.       komutatif
d.      konvensional
e.       legalitas

18.  Salah satu bentuk partisipasi politik yang konvensional adalah . . .
a.       pengajuan petisi
b.      demonstrasi
c.       konfrontasi
d.      kampanye
e.       aski mogok

19.  Dibawah ini menjadi penghambat dalam mewujudkan pertisipasi politik di negara yang sedang berkembang adalah . . .
a.       adanya partai politik dalam negara
b.      adanya kebebasan media massa
c.       keanggotaan yang bersifat formal dalam partai massa
d.      tidak ada pembatasan keanggotaan partai kader
e.       adanya partai oposisi yang menyelenggarakan kegiatan

20.  Manfaat kejasama antar bangsa adalah . . .
a.       dapat menghilangkan permusuhan antar bangsa
b.      diabadikan untuk kepentingan negara
c.       saling menghormati kedaulatan negara lain
d.      kerjasama saling menguntungkan
e.       hidup berdampingan secara damai

21.  Tahap-tahap pembuatan perjanjian Internasional adalah . . .
a.       negosiasi, persetujuan dan ratifikasi
b.      penandatanganan, negosiasi dan ratifikasi
c.       pertukaran mata, persetujuan dan ratifikasi
d.      negosiasi, penandatanganan dan ratifikasi
e.       negosiasi, ratifikasi dan relasi

22.  Salah satu tujuan PBB yang tercantum dalam pasal 1 piagam PBB adalah . . .
a.       memenuhi kewajiban-kewajiban internasional yang ditetapkan PBB
b.      mendorong peningkatan kesejahteraan semua anggota PBB
c.       tidak mencampuri urusan rumah tangga negara manapun
d.      bekerjasama dalam menyelesaikan konflik internasional
e.       menjalin persaudaraan yang erat antara anggota PBB

23.  Setiap warga negara dimanapun ia berada tetap mendapat perlakuan hukum dari negaranya disebut asas . . .
a.       teritorial
b.      kebangsaan
c.       kepentingan umum
d.      kepentingan timbal balik
e.       pacta survanda

24.  Penyelesaian sengketa melalui usaha persesuaian pendapat pihak-pihak yang bersangkutan secara bersahabat disebut . . .
a.       rujuk
b.      arbitase
c.       retorsi
d.      reprasial
e.       blokade damai

25.  Pancasila sebagai ideologi terbuka artinya . . .
a.       mempunyai nilai-nilai dasar yang bersifat tetap dan mampu berkembang secara dinamis
b.      mempunyai nilai-nilai dasar yang dapat diubah sesuai dengan perkembangan zaman
c.       rumusan pancasila dapat diubah sesuai dengan perkembangan zaman
d.      rumusan pancasila dapat dibalik sesuai dengan perkembangan masyarakat yang dinamis
e.       dapat menerima berbagai macam ideologi asing sehingga ideologi pancasila tidak ketinggalan zaman

26.  Kita mendambakan bahwa pelaksanaan pembangunan berdasarkan paradigma pancasila. Karena pembangunan yang kita lakukan . . .
a.       menghasilkan produk-produk yang kompetitif dan pasar internasional
b.      demi kelangsungan dari generasi ke generasi lain yang bertanggungjawab
c.       untuk mewujudkan manusia dan masyarakat Indonesia yang seutuhnya
d.      menghasilkan manusia dan masyarakat maju yang berkepribadian Indonesia
e.       mewujudkan masyarakat madani yang melalui kepribadian unggul

27.  Perhatikan hal dibawah ini !
1.      penyelenggara negara berada di tangan presiden
2.      kabinet dibentuk oleh presiden
3.      presiden tidak bertanggungjawab kepada parlemen
4.      kepala negara tidak sekaligus kepala pemerintahan
5.      kabinet bertanggungjawab kepada parlemen

Yang termasuk ciri sistem pemerintahan presidensial adalah nomor . . .
a.       1, 2 dan 3
b.      1, 2 dan 4
c.       2, 3 dan 5
d.      1, 4 dan 5
e.       2, 4 dan 5

28.  Salah satu ciri sistem pemerintahan parlementer adalah . . .
a.       masa jabatan presiden ditetapkan dalam jangka waktu tertentu
b.      kabinet dapat dijatuhkan/dibubarkan setiap waktu
c.       kekuasaan pemerintah terpusat pada satu orang yaitu presiden
d.      presiden dan para menteri tidak bertanggungjawab kepada parlemen/DPR
e.       presiden dibantu oleh menteri-menteri yang diangkat dan bertanggungjawab kepadanya

29.  Perhatikan tabel sistem pemerintahan berikut ini !

No
Presidensial
Parlementer
1
2
3
4
5
Masih tidak percaya DPR
Presiden mempunyai hak Prerogatif
Pemerintah stabil
Menteri bertanggungjawab kepada Presiden
Menggunakan Trias Politica
Masih tidak percaya Parlemen
Presiden sebagai lambang
Pemerintah labil
Menteri bertanggungjawab kepada Parlemen
Tidak menggunakan Trias Politica

Berdasarkan tabel diatas, perbedaan sistem pemerintahan Presidensial dan sistem pemerintahan Parlementer ditunjukkan pada nomor
a.       1, 2 dan 3
b.      1, 3 dan 4
c.       2, 3 dan 4
d.      2, 3 dan 5
e.       3, 4 dan 5

30.  Dibawah ini merupakan kelebihan sistem pemerintahan presidensial, kecuali . . .
a.       badan eksekutif lebih stabil kedudukannya karena tidak bertanggungjawab kepada parlemen
b.      masa jabatan eksekutif lebih jelas dengan jangka waktu tertentu
c.       penyusunan program kerja kabinet mudah disesuaikan dengan jangka waktu masa jabatannya
d.      sistem pertanggungjawabannya kurang jelas
e.       legislatif bukan tempat kaderisasi untuk jabatan-jabatan eksekutif

31.  Kelemahan sistem Pemerintahan Indonesia adalah . . .
a.       adanya kecenderungan berlaku kuatnya otoritas kekuasaan ditangan presiden
b.      sering terjadi pergantian pejabat publik karena adanya hak prerogatif presiden
c.       pengawasan rakyat terhadap pemerintah kurang berpengaruh
d.      presiden tidak dapat memberlakukan dan membubarkan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)
e.       pengaruh rakyat terhadap pelaksanaan politik negara kurang mendapat perhatian yang seluas-luasnya

32.  Yang tidak termasuk perubahan-perubahan baru dalam sistem Pemerintahan Indonesia yang diperuntukkan dalam memperbaiki sistem Presidensial yang lama adalah . . .
a.       pemberian kekuasan yang lebih besar kepada parlemen untuk melakukan pengawasan dan fungsi anggaran
b.      pemilihan presiden dan wakil presiden secara langsung
c.       PEMILU berdasarkan jurdil dan luber
d.      mekasnisme check dan balance
e.       sistem bikameral

33.  Beberapa variasi dari sistem Pemerintahan Presidensial di Indonesia tertera dibawah ini, kecuali . . .
a.       Presiden dapat sewaktu-waktu dapat diberhentikan oleh MPR atas usul DPR
b.      Presiden dalam mengangkat pejabat negara perlu pertimbangan dan persetujuan DPR
c.       Presiden dalam mengeluarkan kebijakan tidak perlu pertimbangan dari DPR
d.      Parlemen diberi kekuasaan yang lebih besar dalam membentuk undang-undang
e.       Parlemen diberi kekuasaan yang lebih besar dalam hal budget (anggaran)

34.  Sistem pemerintahan pada masa berlakunya UUD 1945, periode 14 November 1945 sampai 27 Desember 1959 adalah . . .
a.       kesatuan
b.      republik
c.       presidensial
d.      parlementer
e.       ekstra parlemen

35.  Pengertian pers dalam arti luas mencakup . . .
a.       radio, televisi dan film
b.      koran, majalah dan bulletin
c.       media cetak dan elektronik
d.      seluruh media cetak
e.       seluruh media elektronik

36.  Dalam perjalanannya, peranan pers Indonesia pada masa orde lama dengan demokrasi terpimpin lebih banyak merupakan . . .
a.       alat bagi penguasa
b.      alat bagi kepentingan rakyat
c.       sosial kontrol rakyat
d.      penyambung lidah rakyat
e.       penampung aspirasi rakyat

37.  Pers melakukan bimbingan dan pengawasan terhadap masyarakat tentang tingkah laku yang benar atau tidak dikehendaki khalayak, maka pers tersebut melaksanakan fungsi . . .
a.       media informasi
b.      kontrol sosial
c.       pendidikan
d.      opini publik
e.       sensasi publik

38.  Yang tidak termasuk kode etik wartawan Indonesia adalah . . .
a.       menghormati hak masyarakat untuk memperoleh informasi
b.      tidak menyebarkan informasi yang bersifat dusta, sadis dan cabul
c.       kemerdekaan pers dijamin sebagai hak asasi warga negara
d.      tidak menerima suap dan meyalahgunakan profesi
e.       menjunjung tinggi asas praduga tak bersalah

39.  Wartawan Indonesia tidak dapat menyiarkan hal-hal yang dapat menimbulkan kekacauan. Ini merupakan salah satu kode etik jurnalistik tentang . . .
a.       kepribadian
b.      cara pemberitaan
c.       hak jawab
d.      pertanggungjawaban
e.       hak menyatak pendapat

40.  Dibawah ini yang menunjukkan contoh tanggungjawab wartawan atas suatu berita adalah . . .
a.       tidak meneliti kebenaran bahan berita
b.      bersifat fitnah dan sadis
c.       tidak membahayakan persatuan dan kesatuan
d.      mengutip berita tanpa menyebut sumbernya
e.       menunjukkan seseuatu yang berlebihan

41.  Dibawah ini yang merupakan upaya pemerintah dalam mengendalikan pers, kecuali . . .
a.       memberikan pembinaan kepada pers
b.      membantu pers dalam penerbitan buku
c.       menghormati pelaksanaan kode etik jurnalistik
d.      menghormati asas praduga tak bersalah
e.       membuat perangkat hukum dan aturan-aturan dasar tentang kehidupan pers

42.  Penyalahgunaan kebebasan menyampaikan pendapat dimedia massa dapat juga merugikan kepentingan negara. Hal itu akan menimbulkan dampak yaitu . . .
a.       partisipasi masyarakat dalam pembangunan semakin meningkat
b.      tingginya semangat untuk menjaga keamanan
c.       meningkatnya pemahaman investasi
d.      masyarakat bersifat apatis terhadap berbagai program pembangunan
e.       rakyat tidak mendapat informasi yang akurat

43.  Perubahan yang terjadi saat ini sebagai akibat proses globalisasi adalah . . .
a.       adanya percepatan perubahan ilmu pengetahuan
b.      maraknya budaya asing di negara kita
c.       perkembangan di dunia lain diketahui diseluruh penjuru dunia dalam sekejap saat itu juga
d.      menyebarnya pemakaian komputer dan internet
e.       berinteraksinya keanekaragaman dunia
44.  Dampak positif dari globalisasi adalah . . .
a.       mempercepat keberhasilan pembangunan
b.      mempercepat laju pertumbuhan penduduk
c.       menimbulkan adanya pergeseran nilai budaya
d.      terjadinya berbagai penyimpangan sosial
e.       menimbulkan konsumerisme

45.  Manfaat yang diperoleh bangsa Indonesia dalam era globalisasi adalah . . .
a.       gaya hidup masyarakat dapat meniru gaya bangsa lain
b.      adanya kebebasan mutlak dalam bidang ekonomi
c.       ekonomi negara dapat berkembang dengan baik
d.      ekonomi dikuasai oleh orang yang bermodal baik
e.       sistem perekonomian Indonesia mengikuti negara maju

46.  Dalam menghadapi era globalisasi dan penerapan IPTEK diperlukan sikap bijaksana, yaitu ...
a.       tidak menolak budaya luar
b.      membatasi pengaruh budaya asing
c.       memberikan kebebasan seluas-luasnya
d.      kesediaan membuka diri namun tetap waspada
e.       menerima budaya luar tanpa ada tekanan

47.  Salah satu upaya pemerintah dalam menghadapi tantangan globalisasi dan perkembangan IPTEK di bidang sosial budaya adalah . . .
a.       meningkatkan kualitas pendidikan
b.      mengembangkan kebijakan industri, perdagangan dan investasi
c.       meningkatkan kualitas komunikasi diberbagai bidang
d.      memberantas perdagangan dan penyalahgunaan narkoba dan obat-obat terlarang
e.       meningkatkan kesiapan untuk menghadapi perdagangan bebas

48.  Modernisasi bagi Indonesia agar tidak mengakibatkan sekulerisme hendaknya diikuti oleh kegiatan-kegiatan . . .
a.       keagamaan
b.      peningkatan teknologi
c.       peningkatan kesejahteraan
d.      pengembangan budaya dan seni
e.       pengembangan pengetahuan dan keilmuan

49.  Sikap warga negara yang harus dilakukan di era globalisasi dalam bidang ekonomi dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa adalah . . .
a.       mewujudkan kesejahteraan lahir batin
b.      mengubah pola konsumtif menjadi produktif
c.       mengusahakan pemenuhan kebutuhan pokok bangsa’
d.      mampu bersaing dengan produk-produk bangsa sendiri
e.       meningkatkan kesejahteraan sosial dalam suasana kekeluargaan

50.  Dibawah ini merupakan sisi negatif dari adanya kemajuan IPTEK terhadap kepribadian bangsa Indonesia, kecuali . . .
a.       materialisme
b.      sekuralisme
c.       individualisme
d.      integralisme
e.       glamourisme


No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan berikan komentar tentang artikel ini. jimmydj81.blogspot.com berhak menyaring Komentar yang akan ditampilkan.