Belajar
Komputer - Seperti
janji Saya pada update sebelumnya, kali ini Saya akan kembali melanjutkan
Tutorial mengenai Cara Belajar Microsoft Excel 2007Mudah dan Cepat. Setelah pada update sebelumnya sudah dibahas
mengenai Cara Memulai Microsoft Excel 2007, maka pada tutorial kali ini akan
Kita bahas mengenai Pengenalan Microsoft Excel 2007 Lanjutan (Memulai
Microsoft Excel, Lingkungan Kerja Microsoft Excel, Tipe-tipe Data, Workbook/Buku
Kerja dan Cara Keluar dari lembar kerja Microsoft Excel 2007). Panduan Belajar
Microsoft Excel 2007 ini bisa Anda dapatkan secara GRATIS (alias g
bayar), cukup dengan buka komputer/laptop, tablet atau smartphone Anda
dan langsung akses blog Belajar Komputer dan PKn
Sebelumnya
Saya minta maaf kepada Sahabat Blogger pengunjung setia blog kecil ini karena
baru sempat update lagi setelah beberapa minggu vakum untuk update blog,
ya biasalah dikarenakan beberapa kesibukan di dunia nyata, sampai-sampai g
sempat untuk update blog lagi, Alhamdulillah pada kesempatan ini bisa update
kembali dan melanjutkan posting Tutorial Belajar Microsoft Excel 2007
Lengkap yang sempat tertunda beberapa minggu.
Baik tanpa harus panjang lebar
ceritanya, langsung aja deh Kita bahas poin per poin materi tentang Cara
Belajar Microsoft Excel 2007 agar bisa lebih Mudah dan Cepat. Berikut beberapa
tahapan agar menggunakan Microsoft Excel bisa jauh lebih mudah.
Beberapa Tahapan Awal Menggunakan Microsoft Excel 2007
Memulai Microsoft Excel
Seperti sudah dibahas pada update
sebelumnya mengenai Cara Memulai Microsoft Excel, Ada beberapa cara untuk
memulai Microsoft Excel, berikut adalah salah satu cara yang paling sering
digunakan.
- Klik
Start, pilih Program.
- Cari
menu item Microsoft Office 2007, kemudian klik Microsoft Excel.
- Tunggu
beberapa saat hingga muncul halaman kerja Microsoft Excel 2007.
Lingkungan Kerja Microsoft Excel
Untuk bekerja secara optimal
dalam Microsoft Excel, anda harus mengenal lebih terdahulu lingkungan kerjanya
sehingga hasil yang diharapkan memuaskan. Apabila anda telah berhasil
menjalankan Microsoft Excel seperti langkah-langkah diatas, maka Anda akan
melihat tampilan seperti berikut.
Lembar Kerja Microsoft Excel 2007
|
Bagian
|
Penjelasan
|
Judul Window
|
Judul window (window title) terletak pada baris
paling atas, yang menampilkan tulisan Microsoft Excel dan nama Workbook yang
sedang aktif.
|
Office Button
|
Fitur
yang baru didapat di Office 2007 yang berfungsi menggantikan menu File dan
berlokasi di pojok kiri atas. Didalamnya berisi perintah-perintah standar
seperti Open, Save, Print. Selain itu juga berisi perintah baru
seperti Finish, Publish. Incpect Document.
|
Tab Sistem Menu
|
Sistem menu (menu system) merupakan sarana yang
disediakan oleh Microsoft Excel untuk melakukan komunikasi antara pemakai
dengannya.
|
Ribbon
|
berisi perintah-perintah khusus yang merupakan submenu
dari Tab Sistem Menu.
|
Penggulung Sheet
|
Untuk melihat worksheet yang tidak tampak di layar
anda dapat memanfaatkan penggulung sheet. Ada 2 macam penggulung sheet,
yaitu penggulung vertikal (vertical scroll bar) untuk melihat sheet
yang panjang ke bawah, dan penggulung horisontal (horizontal scroll
bar) untuk menampilkan data yang melebar ke samping.
|
Baris Formula
|
Baris formula (Formula bar) menyajikan 3 informasi,
yaitu :
· Pada kotak paling kiri (name box)
menampilkan informasi tentang alamat atau nama dari sel atau range
· Tanda sama dengan (=) dapat
dimanfaatkan untuk memperbaiki formula (rumus)
· Informasi paling
kanan menampilkan isi dari suatu sel yang sedang
|
Judul Kolom
|
Judul kolom (column heading) merupakan nama kolom yang
dimulai dari huruf A, B, C sampai Z kemudian sampai IV dengan total jumlah
kolom sebanyak 256 (28) kolom.
|
Nomor Baris
|
Nomor baris (row number) dimulai dari nomor 1
sampai 65536 (216) Baris.
|
Baris Status
|
Baris status (status bar), menampilkan informasi
yang berhubungan dengan kegiatan yang sedang dilakukan oleh Microsoft Excel
dan status keyboard.
|
Tab Sheet
|
Standarnya (default), Microsoft Excel menyediakan 3
sheet. Sheet sering disebut dengan worksheet (lembar kerja),
sedangkan kumpulan dari beberapa worksheet dinamakan workbook
(buku kerja).
|
Penunjuk Sel
|
Penunjuk sel (sel pointer) digunakan untuk
memberitahu Microsoft Excel dimana suatu aktivitas akan dilakukan, seperti
memasukkan data, memformat sel, melakukan perhitungan dan sebagainya.
|
Tipe-tipe Data
Secara umum, Microsoft
Office Excel membagi tipe data menjadi 3, yaitu label, numerik dan
formula.
Label
:
|
Atau
string sering juga disebut sebagai alfanumerik. Data tersebut hanya
menerangkan data numerik dan formula. Semua huruf dan simbul dimasukkan ke
dalam data bertipe label, demikian juga halnya dengan angka yang tidak akan
dihitung seperti nomor telepon.
|
Numerik
:
|
Data
yang hanya terdiri dari angka-angka dalam berbagai bentuk dan format. Data
tipe ini dapat dihitung, misalnya harga barang, nilai mahasiswa dan
sebagainya.
|
Formula
:
|
Merupakan
perintah untuk melakukan suatu perhitungan. Formula kurang lebih sama dengan
rumus. Misalnya untuk menghitung omzet penjualan barang dan sebagainya.
|
Contoh Tipe Data Microsoft Excel
|
Untuk mempermudah penjelasannya,
silahkan perhatikan gambar diatas, tulisan Panjang, Lebar dan Total
yang berada pada sel A3, dan A4 merupakan data bertipe label.
Sementara angka 6 (nilai panjang) dan 5 (nilai lebar) adalah data bertipe
numerik. Angka 30 (nilai total) merupakan hasil perkalian dari panjang dan
lebar (nilai B3 kali nilai B4). Data terakhir ini beritipe formula. Nah
sekarang sudah tau bedanya kan, mana tipe data yang menggunakan Label,
Numerik dan Formula.
Workbook (Buku Kerja)
Pada saat memulai Microsoft
Excel, secara standar (default) Microsoft Excel memunculkan sebuah buku
kerja (workbook) baru bernama Book1, agar Kita dapat melakukan
berbagai aktivitas pada lembar kerja (worksheet). Walaupun demikian,
bila diperlukan Kita dapat melakukan beberapa hal berkaitan dengan buku kerja
tersebut antara lain :
- Membuat Buku Kerja (Workbook)
Untuk membuat workbook,
caranya sangat mudah sekali, tinggal Klik Office Button pilih New,
nanti akan muncul tampilan baru pada area Blank And Recent pilih
Blank Workbook baru klik di area Create di pojok kanan
bawah, maka Anda sudah berhasil membuat lembar kerja baru, sedangkan jika Anda
ingin lebih cepat lagi tinggal tekan kombinasi tombol CTRL+N maka workbook
baru akan langsung terbuka.
- Menyimpan Buku Kerja
Worksheet yang telah dibuat perlu disimpan
untuk dapat digunakan di kemudian hari. Untuk menyimpan Workbook,
silahkan ikuti langkah-langkah berikut :
- Klik
Office Button, kemudian pilih Save. Kotak
dialog save as akan muncul seperti gambar di bawah ini.
Kotak Dialog Save As Microsoft Excel
|
- Tentukan
tempat penyimpanan data anda pada Combo Box Save In bagian
atas.
- Beri
nama file pada kotak isian File Name.
- Klik
tombol Save, untuk mengakhiri penyimpanan
Note: Save as type menyatakan
format file. Ini berarti anda dapat menyimpan data anda dengan format selain
Microsoft Excel. Hal ini penting bila anda ingin mengolah data di Microsoft
Excel, tetapi memperbaiki atau mencetaknya di program spreadsheet yang lain
(misalnya Versi Excel 1997 - 2000, Lotus, Quatro Pro dll).
- Menutup
Buku Kerja
Untuk menutup workbook anda dapat
menggunakan Office Button kemudian dilanjutkan dengan memilih Close.
Seringkali muncul pesan sebagai berikut :
Kotak Dialog Penyimpanan MS Excel
|
Pertanyaan tersebut berarti ada
sebagian atau seluruh data yang anda buat belum disimpan. Ada tiga pilihan,
yaitu Yes berarti anda menyimpan perbaikan atau perubahan Worksheet yang anda buat,
No menyatakan tidak menyimpan, dan Cancel berarti anda tidak jadi menutup
Workbook tersebut.
- Membuka Kembali Buku Kerja
Workbook yang telah disimpan dapat
ditampilkan kembali untuk diedit atau dicetak kapan saja. Membuka workbook dapat
dilakukan dengan cara sebagai berikut :
- Klik Office
Button kemudian diteruskan dengan memilih Open. Maaka
Kotak dialog membuka Workbook akan muncul seperti pada gambar
dibawah ini.
Kotak Dialog Membuka Workbook
|
- Pilih
nama file yang akan dibuka, kemudian klik Open.
Note: Jika file tidak ada, cari lokasi
penyimpanannya pada kotak Look in: kemudian klik Directories atau Drives,
di mana file yang akan dibuka berada.
Cara Keluar dari lembar kerja Microsoft Excel 2007
Bila Anda sudah selesai membuat atau memperbaiki workbook dan
ingin keluar dari Microsoft Excel, Anda dapat menggunakan Office
Button kemudian pilih Close atau dengan mengklik tanda silang yang
ada pada ujung kanan atas layar. Bila muncul pesan bahwa workbook
tersebut belum disimpan, gunakan prosedur yang yang sudah dijelaskan diatas.
Sekian dulu update mengenai Belajar Microsoft Excel 2007 Cepat dan Mudah Tahap II
Sekian dulu update mengenai Belajar Microsoft Excel 2007 Cepat dan Mudah Tahap II








No comments:
Post a Comment
Terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan berikan komentar tentang artikel ini. jimmydj81.blogspot.com berhak menyaring Komentar yang akan ditampilkan.